Naik transportasi umum di Indonesia lebih boros waktu dan ongkos?
Banyak orang kejebak macet, tapi kualitas dan aksesibilitas transportasi umum yang ada belum bisa jawab masalah ini.
Tata Kota
Pelaju di Jakarta harus rela terjebak macet berjam-jam setiap harinya. Sebenarnya, udah banyak opsi transportasi umum di Jakarta, tapi ternyata belum cukup buat bikin warga beralih dari kendaraan pribadi. Transjakarta masih desak-desakan, halte dan stasiun banyak yang rusak, dan simpul angkutan umum massal belum menjangkau semua wilayah.
Data dan fakta penting
Komuter di Jabodetabek menghabiskan 89 jam terjebak macet tiap tahunnya. Padahal, pilihan transportasi untuk jutaan komuter sebenarnya sudah beragam. Ada MRT (16 set rangkaian), LRT (8 train set), Transjakarta (4,340 unit), dan KRL (1.196 unit).
Di Jabodetabek, 8,8 juta warga belum bisa rasain layanan angkutan massal. Cakupan di Bodetabek cuma 26,2%, padahal ada 4,3 juta komuter tiap harinya.
Kebijakan yang memengaruhi masalah ini
Kementerian/Lembaga yang bertanggung jawab

Kementerian Perhubungan

Kementerian Badan Usaha Milik Negara

Pemerintah Daerah
Komisi di DPR yang mengawasi

DPR Komisi V
Infrastruktur dan Perhubungan
Pejabat yang bertanggung jawab
Sudah baca? Saatnya bertindak! 💥
Transportasi Umum Kota